- Penggorganisasian software sebagai kumpulan dari obyek tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya.
- Konsep Dasar /Fundamental dalam analisis sistem berorientasi obyek Adalah OBYEK itu sendiri.
KARAKTER OBYEK :
- Adanya identitas dan data yang terukur serta memiliki Nilai tertentu sehingga bisa dibedakan entitasnya.
- Bisa bersifat konkrit.
- Memiliki sifat yang melekat pada identitasnya.
- Dua obyek dapat BERBEDA meskipun semua nilai atributnya Identik.mis : mobil dan singa.
CLASS / KELAS
- Merupakan gambaran SEKUMPULAN obyek yang terbagi dalam atribut,operasi,metode,hubungan,dan makna yang sama.
- Suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan perilaku (operasi) yang memiliki struktur data sama ke dalam group.
- Class merupakan wadah / tempat bagi obyek.Dapat digunakan untuk menciptakan obyek.
- Obyek mewakili Fakta dari sebuah class.
Istlah -istilah :
Atribut : Data item yang menegaskan obyek.
Operasi : Fungsi di dalam class yang dikombinasikan ke bentuk tingkah laku class.
Metode : Pelaksanaan prosedur.
KARAKTERISTIK METODOLOGY OBJECT ORIENTED
- Encapsulation
- Inheritance
- Polymorphism
ENCAPSULATION
- Merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program yang diproses.
- Data dan prosedur / fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu obyek sehingga prosedur / fungsi lain dari luar tidak dapat mengakses.
- Data terlindung dari prosedur / obyek lain,kecuali prosedur yang ada dalam obyek itu sendiri.
INHERITANCE
- Sifat,atribut dan metode darin obyek induk akan diturunkan ke anak obyek.
- Berarti juga bahwa atribut dan operasi yang dimiliki bersama,antara class mempunyai hubungan secara hirarki.
- Suatun kelas bisa ditentukan secara umum,spesifik menjadi sub kelas.Dan memiliki sifat turunan dari kelas induk ditambah keunikan yang dimiliki.
- Kelas dapat diartikan atribut dan service dari kelas obyek lainnya.
- Inheritance menggambarkan generalisasi / kata umum sebuah kelas.
POLYMORPHISM
- Konsep sama tapi bentuk dan perilaku berbeda.
- Bahwa operasi yang sama, mungkin ada perbedaan dalam kelas yang berbeda.
- Kemampuan obyek-obyek yang berbeda di dalam merespon pesan yang sama.
- Seleksi dari metode yang sesuai,tergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan obyek.
TAHAPAN-TAHAPAN OOAD :
- OOS (Object Oriented System)
- OOA (Object Oriented Analyse)
- OOD (Object Oriented Design)
- PRINCIP OOD
- OOD Quality Metrics
Object Oriented System
- Komposisi obyek-obyek
- Perilaku sistem adalah gambaran dari obyek ini.
- Kumpulan sistem adalah kombinasi semua obyek yang ada didalam,termasuk dalam pengiriman pesan.
Object Oriented Analyse
- Bertujuan mencari solusi pemecahan masalah dengan membangun OOS
- Model analisa tidak akan dimasukkan kedalam bagian implementasi, distribusi,persistensi,atau pewarisan,atau Bagaimana sistem akan dibangun.
- Model sistem dapat dibagi ke dalam banyak domain,yang mana analisa terpisah dan menggambarkan atau menunjukkan bisnis terpisah,teknologi,bagian-bagian konsep yang menarik.
- Apa yang akan dibangun,menggunakan konsep dan hubungan antara konsep-konsep,sering menunjukkan sebagaimana konsep model.
- Catatan tambahan yang diperlukan untuk menambahkan.Apa yang akan dibangun,termasuk didalamnya hasil .
Object Oriented Design
*Mencari pemecahan masalah dengan solusi logika dengan menggunakan object.
*Pengambilan konsep model dari hasil OOA,dan hubungannya dengan pembatasan implementasi dengan:
- Lingkungan
- Bahasa pemrograman dan tools
- Baik asumsi arsitektur terpilih / basis design
*Konsep-konsep di dalam model konseptual adalah pemetaan.
*Untuk kelas-kelas konkrit,untuk interface abstrak di dalam Apls desaign.
*Untukn aturan obyek-obyek itu diambil dalam situasi yang berbeda.Interface dan implementasi untuk kestabilan konsep dapat dibuat dengan ketersediaan pelayanan yang bisa dipakai lagi.
*Ketidak stabilan konsep-konsep didalam OOA akan menjadi dasar kebijakan kelas itu untuk membuat keputusan,implementasi lingkungan khusus,atau situasi logic khusus /algoritma.
Prinsip-Prinsip OOD
- Single Responsiblity
- Open /Closed
- Liskop Substitution/Lsp
- Interface Segregation
- Depedency Intervensi
- Reuse / Release Equiavalen
- Common Clousure
- Common Reuse
- Acyclic Dependencies
- Stable Dependencies
- Stable Abstractions
Daftar Pustaka :
fahmiinformatika.blogspot.com
www.worcester.edu
www.codeproject.com
Mohon maaf jika masih banyak kekurangan.Diharap kritikan yang membangun demi kebaikan bersama.Semoga bermanfaat.
T E R I MA K A S I H
Tidak ada komentar:
Posting Komentar