Tugas 1 java1
Tentang algoritma matematika segiempat
Jumat, 22 Maret 2013
Minggu, 10 Maret 2013
OBJECT ORIENTED ANALISYS DESIGN / OOAD
OOAD /APBO :
KARAKTER OBYEK :
CLASS / KELAS
Istlah -istilah :
Atribut : Data item yang menegaskan obyek.
Operasi : Fungsi di dalam class yang dikombinasikan ke bentuk tingkah laku class.
Metode : Pelaksanaan prosedur.
KARAKTERISTIK METODOLOGY OBJECT ORIENTED
ENCAPSULATION
INHERITANCE
POLYMORPHISM
- Penggorganisasian software sebagai kumpulan dari obyek tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya.
- Konsep Dasar /Fundamental dalam analisis sistem berorientasi obyek Adalah OBYEK itu sendiri.
KARAKTER OBYEK :
- Adanya identitas dan data yang terukur serta memiliki Nilai tertentu sehingga bisa dibedakan entitasnya.
- Bisa bersifat konkrit.
- Memiliki sifat yang melekat pada identitasnya.
- Dua obyek dapat BERBEDA meskipun semua nilai atributnya Identik.mis : mobil dan singa.
CLASS / KELAS
- Merupakan gambaran SEKUMPULAN obyek yang terbagi dalam atribut,operasi,metode,hubungan,dan makna yang sama.
- Suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan perilaku (operasi) yang memiliki struktur data sama ke dalam group.
- Class merupakan wadah / tempat bagi obyek.Dapat digunakan untuk menciptakan obyek.
- Obyek mewakili Fakta dari sebuah class.
Istlah -istilah :
Atribut : Data item yang menegaskan obyek.
Operasi : Fungsi di dalam class yang dikombinasikan ke bentuk tingkah laku class.
Metode : Pelaksanaan prosedur.
KARAKTERISTIK METODOLOGY OBJECT ORIENTED
- Encapsulation
- Inheritance
- Polymorphism
ENCAPSULATION
- Merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program yang diproses.
- Data dan prosedur / fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu obyek sehingga prosedur / fungsi lain dari luar tidak dapat mengakses.
- Data terlindung dari prosedur / obyek lain,kecuali prosedur yang ada dalam obyek itu sendiri.
INHERITANCE
- Sifat,atribut dan metode darin obyek induk akan diturunkan ke anak obyek.
- Berarti juga bahwa atribut dan operasi yang dimiliki bersama,antara class mempunyai hubungan secara hirarki.
- Suatun kelas bisa ditentukan secara umum,spesifik menjadi sub kelas.Dan memiliki sifat turunan dari kelas induk ditambah keunikan yang dimiliki.
- Kelas dapat diartikan atribut dan service dari kelas obyek lainnya.
- Inheritance menggambarkan generalisasi / kata umum sebuah kelas.
POLYMORPHISM
- Konsep sama tapi bentuk dan perilaku berbeda.
- Bahwa operasi yang sama, mungkin ada perbedaan dalam kelas yang berbeda.
- Kemampuan obyek-obyek yang berbeda di dalam merespon pesan yang sama.
- Seleksi dari metode yang sesuai,tergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan obyek.
TAHAPAN-TAHAPAN OOAD :
- OOS (Object Oriented System)
- OOA (Object Oriented Analyse)
- OOD (Object Oriented Design)
- PRINCIP OOD
- OOD Quality Metrics
Object Oriented System
- Komposisi obyek-obyek
- Perilaku sistem adalah gambaran dari obyek ini.
- Kumpulan sistem adalah kombinasi semua obyek yang ada didalam,termasuk dalam pengiriman pesan.
Object Oriented Analyse
- Bertujuan mencari solusi pemecahan masalah dengan membangun OOS
- Model analisa tidak akan dimasukkan kedalam bagian implementasi, distribusi,persistensi,atau pewarisan,atau Bagaimana sistem akan dibangun.
- Model sistem dapat dibagi ke dalam banyak domain,yang mana analisa terpisah dan menggambarkan atau menunjukkan bisnis terpisah,teknologi,bagian-bagian konsep yang menarik.
- Apa yang akan dibangun,menggunakan konsep dan hubungan antara konsep-konsep,sering menunjukkan sebagaimana konsep model.
- Catatan tambahan yang diperlukan untuk menambahkan.Apa yang akan dibangun,termasuk didalamnya hasil .
Object Oriented Design
*Mencari pemecahan masalah dengan solusi logika dengan menggunakan object.
*Pengambilan konsep model dari hasil OOA,dan hubungannya dengan pembatasan implementasi dengan:
- Lingkungan
- Bahasa pemrograman dan tools
- Baik asumsi arsitektur terpilih / basis design
*Konsep-konsep di dalam model konseptual adalah pemetaan.
*Untuk kelas-kelas konkrit,untuk interface abstrak di dalam Apls desaign.
*Untukn aturan obyek-obyek itu diambil dalam situasi yang berbeda.Interface dan implementasi untuk kestabilan konsep dapat dibuat dengan ketersediaan pelayanan yang bisa dipakai lagi.
*Ketidak stabilan konsep-konsep didalam OOA akan menjadi dasar kebijakan kelas itu untuk membuat keputusan,implementasi lingkungan khusus,atau situasi logic khusus /algoritma.
Prinsip-Prinsip OOD
- Single Responsiblity
- Open /Closed
- Liskop Substitution/Lsp
- Interface Segregation
- Depedency Intervensi
- Reuse / Release Equiavalen
- Common Clousure
- Common Reuse
- Acyclic Dependencies
- Stable Dependencies
- Stable Abstractions
Daftar Pustaka :
fahmiinformatika.blogspot.com
www.worcester.edu
www.codeproject.com
Mohon maaf jika masih banyak kekurangan.Diharap kritikan yang membangun demi kebaikan bersama.Semoga bermanfaat.
T E R I MA K A S I H
Kamis, 07 Maret 2013
Rational Unified Process (RUP) pada Object Oriented Design (OOD)
Rational Unified Process:
Suatu Metode Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak yang didasarkan pada KUMPULAN BEST PRACTISE yang terdapat dalam industri Pengembang Software.
Ciri Utama :
Menggunakan USE-CASE DRIVEN.
Pendekatan Iteratif untuk siklus pengembangan Software.
Rational Unified Process :
Memakai konsep Object-Oriented.Dengan fokus aktifitas pada pengembangan Model dengan menggunakan Unified Model Language (UML).
Best Practise yang dimaksud adalah :
*Pengembangan Software yang iteratif.
*Atur kebutuhan.
*Gunakan arsitektur berbasis komponen.
*Modelkan software secara visual.
*Verifikasikan kwalitas hardware secara kontinyu.
*Kontrol perubahan yang terjadi pada software.
3 Fitur Penting yang tidak boleh diabaikan dalam RUP :
*Peran Use Case dalam mengontrol aspek pengembangan / development.
*Penggunaannya sebagai Kerangka Proses.Yang bisa dikhususkan ataupun di perluas.dipersempit ataupun diperlebar.
*Kebutuhan akan Tools pengembangan software dalam mendukung proses.
Proses yang dimaksud adalah :
Siapa melakukan Apa,Kapan dan Bagaimana mencapai Tujuan (Goal).Pada Rekayasa Perangkat Lunak tujuannya Membangun atau Meningkatkan software lebih dari satu.
Karakter / Ciri Produk software Hasil RUP :
-Rational Software mengeluarkan upgrade regular.
-Rational software proses dikirim via online.Sehingga dapat dengan cepat diterima pengembang.
-RUP bisa diperbaiki dan dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan.
-RUP bisa diintegrasikan dengan Tools Pengembang software sesuai kebutuhan rasional.Sehingga perusahaan dapat dengan mudah menggakses petunjuk Proses sesuai dengan tools perusahaan yang dipakai.
Tahapan-Tahapan RUP :
*Insepsi
*Elaborasi
*Konstruksi
*Transisi
Insepsi /Inception
-Merupakan tahap awal dari proses RUP
-Menetapkan ruang lingkup objek
-Membuat bisnis case /nilai bisns
-Menjawab pertanyaan "apakah yang dikerjakan dapat menciptakan bisnis ke arah yang lebih baik" sehingga proyek dapat dilanjutkan.
Elaborasi / Elaboration
-Tahap kedua,perancangan software
-Analisa resiko dengan persyaratan
-Menentukan batasan-batasan perancangan software./design
Konstruksi /Construction
-Implementasi perancangan software
-Melakukan rangkaian iterasi,dalam setiap iterasi juga melibatkan proses analisa,desain,implementasi,koding.
Transisi /Transition
-Tahap akhir untuk instalasi,deployment,dan sosialisasi software
-Melakukan apa yang sudah di modelkan menjadi suatu produk jadi
-Dalam tahap ini dilakukan fase :
@Performance Test
@Membuat dokumentasi tambahan
@Membuat peluncuran produk /release ke kalangan pemakai /user
Manfaat RUP :
#Pedoman untuk efisiensi pengembangan dari mutu software
#Minimalisasi Resiko
#Take and Give best practise.bisa ambil dan memberi pengalaman terbaik
#Mengenalkan atau membiasakan kebudayaan dan visi umum
#Tersedia Roadmap Tools bantuan
#Fasilitas Re Use
#Manage Complicity
#Lower maintenance cost /biaya pemeliharaan murah
#Menghasikan software berkwalitas dan teruji handal.
Daftar Pustaka :
-library.binus.ac.id
-yosuaalvin.students-blog.undip.ac.id
-handzmentallist.blogspot.com
Demikian sedikit tulisan mengenai RUP dalam Analisa Perancangan Berbasis Objek,yang diambil dari berbagai sumber.Semoga ilmu yang sedikit bisa menjadi amal untuk umat,mohon maaf jika banyak terdapat kesalahan,mohon koreksi yang membangun.
T E R I M A K A S I H
Suatu Metode Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak yang didasarkan pada KUMPULAN BEST PRACTISE yang terdapat dalam industri Pengembang Software.
Ciri Utama :
Menggunakan USE-CASE DRIVEN.
Pendekatan Iteratif untuk siklus pengembangan Software.
Rational Unified Process :
Memakai konsep Object-Oriented.Dengan fokus aktifitas pada pengembangan Model dengan menggunakan Unified Model Language (UML).
Best Practise yang dimaksud adalah :
*Pengembangan Software yang iteratif.
*Atur kebutuhan.
*Gunakan arsitektur berbasis komponen.
*Modelkan software secara visual.
*Verifikasikan kwalitas hardware secara kontinyu.
*Kontrol perubahan yang terjadi pada software.
3 Fitur Penting yang tidak boleh diabaikan dalam RUP :
*Peran Use Case dalam mengontrol aspek pengembangan / development.
*Penggunaannya sebagai Kerangka Proses.Yang bisa dikhususkan ataupun di perluas.dipersempit ataupun diperlebar.
*Kebutuhan akan Tools pengembangan software dalam mendukung proses.
Proses yang dimaksud adalah :
Siapa melakukan Apa,Kapan dan Bagaimana mencapai Tujuan (Goal).Pada Rekayasa Perangkat Lunak tujuannya Membangun atau Meningkatkan software lebih dari satu.
Karakter / Ciri Produk software Hasil RUP :
-Rational Software mengeluarkan upgrade regular.
-Rational software proses dikirim via online.Sehingga dapat dengan cepat diterima pengembang.
-RUP bisa diperbaiki dan dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan.
-RUP bisa diintegrasikan dengan Tools Pengembang software sesuai kebutuhan rasional.Sehingga perusahaan dapat dengan mudah menggakses petunjuk Proses sesuai dengan tools perusahaan yang dipakai.
Tahapan-Tahapan RUP :
*Insepsi
*Elaborasi
*Konstruksi
*Transisi
Insepsi /Inception
-Merupakan tahap awal dari proses RUP
-Menetapkan ruang lingkup objek
-Membuat bisnis case /nilai bisns
-Menjawab pertanyaan "apakah yang dikerjakan dapat menciptakan bisnis ke arah yang lebih baik" sehingga proyek dapat dilanjutkan.
Elaborasi / Elaboration
-Tahap kedua,perancangan software
-Analisa resiko dengan persyaratan
-Menentukan batasan-batasan perancangan software./design
Konstruksi /Construction
-Implementasi perancangan software
-Melakukan rangkaian iterasi,dalam setiap iterasi juga melibatkan proses analisa,desain,implementasi,koding.
Transisi /Transition
-Tahap akhir untuk instalasi,deployment,dan sosialisasi software
-Melakukan apa yang sudah di modelkan menjadi suatu produk jadi
-Dalam tahap ini dilakukan fase :
@Performance Test
@Membuat dokumentasi tambahan
@Membuat peluncuran produk /release ke kalangan pemakai /user
Manfaat RUP :
#Pedoman untuk efisiensi pengembangan dari mutu software
#Minimalisasi Resiko
#Take and Give best practise.bisa ambil dan memberi pengalaman terbaik
#Mengenalkan atau membiasakan kebudayaan dan visi umum
#Tersedia Roadmap Tools bantuan
#Fasilitas Re Use
#Manage Complicity
#Lower maintenance cost /biaya pemeliharaan murah
#Menghasikan software berkwalitas dan teruji handal.
Daftar Pustaka :
-library.binus.ac.id
-yosuaalvin.students-blog.undip.ac.id
-handzmentallist.blogspot.com
Demikian sedikit tulisan mengenai RUP dalam Analisa Perancangan Berbasis Objek,yang diambil dari berbagai sumber.Semoga ilmu yang sedikit bisa menjadi amal untuk umat,mohon maaf jika banyak terdapat kesalahan,mohon koreksi yang membangun.
T E R I M A K A S I H
Selasa, 22 Januari 2013
CSS /CasCading Style Sheets
CSS :
Merupakan kependekan dari CasCading Style Sheets.
Sebelum kita mempelajari CSS,seharusnya kita harus paham terlebih dahulu tentang HTML/XHTML.
Style menunjukkan Bagaimana element-element html ditampilkan.
Style dalam html 4.0 untuk memecahkan sebuah masalah.
External Style sheets dapat menghemat waktu dalam bekerja.
External Style Sheets dapat disimpan di file CSS.
Versi terbaru dari CSS adalah CSS3.
Dan lebih komplit dari CSS 2.Tidak semua browser mendukung CSS3.
CSS3 bekerja dengan Modul-Modul.
Beberapa modul CSS3 yang Penting:
Selector,Box Model,Background dan border,Text Effect,Transformasi 2D/3D
Animasi,Layout multikolom,User Interface.
Untuk lebih lengkap dan jelasnya materi ini bisa dilihat di www.w3schools.com
Mohon dimaafkan karena banyak kekurangan dalam penyampaian materi.
Terima kasih
Merupakan kependekan dari CasCading Style Sheets.
Sebelum kita mempelajari CSS,seharusnya kita harus paham terlebih dahulu tentang HTML/XHTML.
Style menunjukkan Bagaimana element-element html ditampilkan.
Style dalam html 4.0 untuk memecahkan sebuah masalah.
External Style sheets dapat menghemat waktu dalam bekerja.
External Style Sheets dapat disimpan di file CSS.
Versi terbaru dari CSS adalah CSS3.
Dan lebih komplit dari CSS 2.Tidak semua browser mendukung CSS3.
CSS3 bekerja dengan Modul-Modul.
Beberapa modul CSS3 yang Penting:
Selector,Box Model,Background dan border,Text Effect,Transformasi 2D/3D
Animasi,Layout multikolom,User Interface.
Untuk lebih lengkap dan jelasnya materi ini bisa dilihat di www.w3schools.com
Mohon dimaafkan karena banyak kekurangan dalam penyampaian materi.
Terima kasih
HTML5
HYML5:
Merupakan versi terbaru Html.Tidak semua browser mensupport Html5.
Sejarah HTML5:
Merupakan hasil kerjasama dari World Wide Web Consortium (W3C) dengan Web Hypertext Application Technology Work Group (WHATWG).
WHATWG: Menangani applikasi-applikasi dan form-form web.
W3C: Menangani /bekerja pada XHTML 2.0.
Pada tahun 2006 mereka memutuskan untuk bekerjasama dan membuat HTML versi terbaru.
Beberapa Aturan html5 yang Harus ada:
Fitur-fitur baru harus berbasis HTML,CSS,DOM,dan JavaScript.
Reduce the need for external plugins/seperti Flash.
Penanganan error lebih baik.
Banyak markup untuk penempatan script.
HTML5 harus bisa berdiri sendiri.
Proses pembangunan harus nampak atau kelihatan oleh umum.
Fitur-Fitur baru HTML5:
Beberapa yang sangat menarik antara lain
The<canvas> element untuk menggambar 2D
The<video> dan <audio> element untuk memainkan media
Mendukung penyimpanan lokal
Konten Baru-element2 khusus seperti <article>,<header>,<footer>,<nav>,<section>
Form2 kontrol baru seperti kalender,tanggal,jam,email,url,search
Demikian sekilas tentang HTML,jika banyak kekurangan mohon maaf.
Untuk infomasi lebih lengkap bisa dilihat di www.w3schools.com
Merupakan versi terbaru Html.Tidak semua browser mensupport Html5.
Sejarah HTML5:
Merupakan hasil kerjasama dari World Wide Web Consortium (W3C) dengan Web Hypertext Application Technology Work Group (WHATWG).
WHATWG: Menangani applikasi-applikasi dan form-form web.
W3C: Menangani /bekerja pada XHTML 2.0.
Pada tahun 2006 mereka memutuskan untuk bekerjasama dan membuat HTML versi terbaru.
Beberapa Aturan html5 yang Harus ada:
Fitur-fitur baru harus berbasis HTML,CSS,DOM,dan JavaScript.
Reduce the need for external plugins/seperti Flash.
Penanganan error lebih baik.
Banyak markup untuk penempatan script.
HTML5 harus bisa berdiri sendiri.
Proses pembangunan harus nampak atau kelihatan oleh umum.
Fitur-Fitur baru HTML5:
Beberapa yang sangat menarik antara lain
The<canvas> element untuk menggambar 2D
The<video> dan <audio> element untuk memainkan media
Mendukung penyimpanan lokal
Konten Baru-element2 khusus seperti <article>,<header>,<footer>,<nav>,<section>
Form2 kontrol baru seperti kalender,tanggal,jam,email,url,search
Demikian sekilas tentang HTML,jika banyak kekurangan mohon maaf.
Untuk infomasi lebih lengkap bisa dilihat di www.w3schools.com
Sosial Media
Definisi Sosial Media:
Media online yang mendukung interaksi sosial,menggunakan teknologi web.Menggunakan komunikasi dialog interatif 2 arah.
Contoh Media Sosial:
Yang terkenal antara lain:FACEBOOK,TWITTER,BLOG,SKYPE,KASKUS,WIKIPEDIA,DEVIANTart,Flick,Netlog,dan masih banyak lagi.
KASKUS:
Merupakan forum komunitas maya besar di Indonesia.Penggunanya disebut kaskuser.Kaskus berasal dari kata KASAK KUSUK,merupakan hasil karya anak negeri asli Indonesia.Mereka adalah Andrew Darwis,Ronald Stephanus,dan Budi Dharmawan.Tepatnya 6 Desember 1999.Situs ini dikelola oleh PT.Darta Media Indonesia.
Kelebihan:
Forum berbahasa Indonesia yang terbesar di Indonesia,merupakan top 10 situs paling sering dikunjungi.Menyediakan Informasi yang terupdate.Karena banyaknya pengunjung dan selalu adanya postingan baru dari member.Disini kita bisa mendapat bermacam-macam informasi yang kita cari.Yang terkenal dari kaskus adalah forum jual beli.
Kelemahan:
Hampir tidak ada,namun kadang user sering diminta maintanance dan tidak adanya fitur chat.
Daftar Pustaka:
www.slideshare.com
Media online yang mendukung interaksi sosial,menggunakan teknologi web.Menggunakan komunikasi dialog interatif 2 arah.
Contoh Media Sosial:
Yang terkenal antara lain:FACEBOOK,TWITTER,BLOG,SKYPE,KASKUS,WIKIPEDIA,DEVIANTart,Flick,Netlog,dan masih banyak lagi.
KASKUS:
Merupakan forum komunitas maya besar di Indonesia.Penggunanya disebut kaskuser.Kaskus berasal dari kata KASAK KUSUK,merupakan hasil karya anak negeri asli Indonesia.Mereka adalah Andrew Darwis,Ronald Stephanus,dan Budi Dharmawan.Tepatnya 6 Desember 1999.Situs ini dikelola oleh PT.Darta Media Indonesia.
Kelebihan:
Forum berbahasa Indonesia yang terbesar di Indonesia,merupakan top 10 situs paling sering dikunjungi.Menyediakan Informasi yang terupdate.Karena banyaknya pengunjung dan selalu adanya postingan baru dari member.Disini kita bisa mendapat bermacam-macam informasi yang kita cari.Yang terkenal dari kaskus adalah forum jual beli.
Kelemahan:
Hampir tidak ada,namun kadang user sering diminta maintanance dan tidak adanya fitur chat.
Daftar Pustaka:
www.slideshare.com
Senin, 21 Januari 2013
Web dan Perkembangan Teknologinya
Teknologi WEB Dan Perkembangannya
WEB : sering orang mengenal WWW (word wide web)atau biasa disebut Website.
Definisi Web :kumpulan dari halaman situs,yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain yang tempatnya berada dalam WWW di Internet.
Halaman Web biasanya ditulis dalam format HTML,bisa diakses melalui HTTP.
HTTP :Protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk diTampilkan kepada para pemakai melalui web browser.
Halaman-halaman dari website akan diakses melalui sebuah URL yang disebut HomePage.
URL :akan mengatur halaman-halaman situs menjadi sebuah hirarki,meskipun hiperlink-hiperlink yang ada dihalaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa Website membutuhkan subskripsi(data masuk)agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut.Misalnya situs-situs bisnis,email gratisan dan lain-lain.
SEJARAH WEB
Penemu Web adalah Timothy John Berners-Lee.WEB/WWW bermula dari European Laboratory for Particle Physics (CERN).Didaerah perbatasan Prancis dan Swiss.CERN didirikan oleh 18 negara di eropa.
Pada tahun 1989 bulan maret.Tim Berners dan peneliti lain mengusulkan suatu Protokol sistem distribusi informasi di Internet,yang memungkinkan para anggota yang tersebar di seluruh dunia bisa saling berbagi informasi dan bahkan bisa untuk menampilkan informasi dalam bentuk grafik.
Web bisa merupakan hasil kerja individu ataupun menunjukkan kepemilikan dari sebuah perusahaan,organisasi.Dan biasanya menunjukkan ke beberapa topik khusus/kepentingan tertentu.
Web browser pertama dibuat bwerbasis teks.Untuk menyatakan suatu link,dibuat sebarisan nomer yang mirip menu.Pemakai mengetikkan suatu nomer untuk melakukan navigasi didalam web.Kebanyakan software tersebut dipakai pada komputer yang berbasis sistem opera UNIX.Dan belum banyak yang bisa dilakukan pemakai windows.Dan semua bwerubah setelah adnya browser Mosaic dari NCSA.
Pada bulan mei 1991:Interface WWWW dipasang di mesin CERN dan dapat diakses melalui jaringan.
Pada bulan Agustus 1991 informasi mengenai Web disebarluaskan melalui newsgroup Usenet di Alt hypertext,dan melalui newsletter CERN pada bulan Desember 1991.Pada saat itulah web dan WWW dikenal secara luas.Walaupun masih menggunakan browser line-mode interface.Untuk berpindah halaman user harus mengetikkan perintah-perintahnya.
Tahun 1993 bulan february.Marc Andreesen dan rekan dari NCSA menciptakan browser Grapichal User Interface(GUI)yang pertama.Informasi mengenai browser Mosaic
disebarluaskan melalui newsgroup.
Mosaic merevolusi konsep tentang browser.Dan dirilis secara resmi bulan november 1993.Dengan penggabungan dari berbagai aplikasi Internet seperti WWW,news,Wais,email.Juga kemampuan menampilkan gambar,bahkan hiperlink untuk memindahkan halaman telah berbentuk tulisan biru dan dapat di klik dengan mouse.
Lahirlah versi-versi Mosaic yang lain untuk komputer berbasis UNIX,NEXT,Windows,dan Macintosh
Tahun 1994 Marc Andreesen meninggalkan NCSA.Bersama Jim Clark membuat Netscape versi pertama.Kehadirannya mengurangi kepopuleran dari Mosaic.Pada tahun ini juga NERC dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan W3C (World Wide Web Consortium).merupakan organisasi Internasional utama yang mengurusi tentang standarisasi dari web yang ada sekarang.
Pada tahun 1995 www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertangguingjawab atas sebagian besar lalun lintas internet.
Perkembanqan Website Berdasarkan Teknologi dan Cara Penggunaannya:
1.Web versi 1.0
Merupakan teknologi awal dari website.User hanya bisa searching.bahasa Html murni.
Cirinya:
Halaman web statis,terdapat buku tamu online,masih menggunakan form-form yang dikirim lewat email.
2.Web versi 2.0
Hadir sekitar 2003/2004.Para pengguna bisa berkomunikasi 2 arah.dan memiliki keunggulan lain.
Keunggulan:
The web as Platform:pengerjaan aplikasi langsung dimedia internet.
Harnessing Collective:bisa memanfaatkan tulisan orang lain untuk konten secara kolektif.Data is Next Intel inside:
3.Web versi 3.0
Web ini diperkirakan berkembang 2010-2020,saat ini masih dalam tahap pengembangan.
Cirinya :
Semantic Web,The 3D,The media centric Web,menjadi alternatif lainn dalam menyajikan informasi selain keyword,The Parsive Web mudah di akses dengan alat yang berbeda dan caranya kapan dan dimana saja.
Daftar Pustaka:
Andhikaarya.wordpress.com
Langganan:
Postingan (Atom)